PROJECT SANGRAI 1.5 x GORDI

Project Sangrai 1.5 ini akan menjadi edisi terakhir dari volume 1 sebelum kami libur sejenak dan kembali merilis volume selanjutnya dengan tema baru. Kolaborasi ke-5 ini menjadi sebuah hadiah penutup akhir tahun yang cukup personal untuk Kopikalyan karena sosok kalyan kali ini adalah salah seorang yang telah membantu berdirinya Kopikalyan pada tahun 2016. Ia adalah Arief Said, co-founder GORDI.

 

Memulai karirnya sebagai kurator kopi pada tahun 2015, Arief kemudian membuka café dan roastery dengan nama GORDI bersama kedua rekan lainnya. Tidak lama setelahnya, mereka juga membuka training centre untuk orang-orang yang ingin belajar tentang kopi. GORDI adalah coffee subscription operator pertama di Indonesia yang bertujuan untuk mengkurasi dan mempromosikan variasi kopi Indonesia terbaik dengan menggunakan platform online. GORDI hadir utuk membuat specialty coffee lebih tersedia di rumah-rumah kalyan. Hingga hari ini GORDI terus berkembang dan berkontribusi besar untuk industri kopi Indonesia.

 

Untuk Project Sangrai 1.5. kali ini, Kopikalyan ingin mengangkat tema spesial yaitu air. Seperti yang kita tahu GORDI sudah lama mengembangkan dan memasarkan produk air formula untuk menyeduh kopi. Kita semua tahu, air merupakan komponen penting dalam proses menyeduh untuk menghasilkan kopi terbaik. Kurang lebih 80% dari isi seduhan kopi itu adalah air. Dengan mengenal karakter air yang baik untuk seduhan kopi, kita akan lebih mudah mengekstraksi kopi dengan baik pula.

DIDALAM PROJECT SANGRAI 1.5


Pada kotak Project Sangrai 1.5, kalyan akan menemukan 1 buah Kopi Garut 100 gram beans, 2 Kaleng COLD BREW Kopi Garut dengan resep air yang berbeda. Disini kami ingin bersama-sama dengan kalyan mencoba mencari tahu, bagaimana 2 jenis resep air yang berbeda dapat memberikan hasil yang sangat bervariasi pada sebuah kopi, baik itu untuk cold brew. Saat kami melakukan cupping pada kedua cold brew ini, kami mendapatkan hasil yang seru dan tentunya berbeda, tinggal menyesuaikannya dengan selera masing-masing saja.

 

Di kedua kaleng ini, kami hanya memberikan hint untuk setiap tasting notes nya. Selanjutnya kami ingin kalyan menuliskan tasting notes yang kalian temukan sendiri pada google form yang telah kami sediakan (scan QR Code yang terdapat di kaleng). Seluruh hasil jawaban akan kami tampilkan di social media dan akan dibahas bersama-sama dengan Gordi pada sesi Live Instagram.

 

KOPI GARUT

Kopi yang dipilih oleh Gordi kali ini berasal dari Kampung Cikajang, Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Berada di ketinggian sekitar 1400-1500 mdpl, kopi yang diproduksi oleh Mang Komar ini, saat disangrai dengan roast level medium, menghasilkan rasa tamarind, hints of orange, chocolate dengan medium dan round body dan diakhiri dengan finish yang clean.

RESEP SEDUH

Tool                 : Clever Dripper

Dose                : 15gr

Yield                : 250ml

Grindsize        : Medium

Time

Brewing           : 3.00

Drop                : 45 sec

Suhu                : 94°C

IMG_1597.JPG
IMG_1595.JPG
IMG_1599.JPG
IMG_1592.JPG